Tips Belajar ^^

Aloha kawan^^ kali ini rani mau berbagi tentang tips-tips tentang menghadapi kejenuhan belajar.. posting ini murni dari pemikiran pribadi, sedikit baca artikel-artikel dan banyak dari pengalaman dan nasihat-nasihat orang sekitar. Kebetulan saat ini rani juga sedang mencuri waktu luang dari padatnya kesibukan tugas sekolah, meskipun malem minggu, hari minggu atau apapun hari santainya org", bagi rani saat ini, semua itu sama aja! tetep ngerjain PR! dalam bentuk apapun, mau ulangan, quiz, baca-baca doang, atau latihan soal. Dan sebelumnya, kenapa rani posting tentang ini, karena rani juga terkadang merasakan kejenuhan yang sama apalagi duduk dibangku percepatan, memang beda capeknya! *apalagi kalo ngerjain soal matematika, kalo gak ketemu jawabannya pasti penasaraaaan bgt! sampe" kebawa mimpi* terus, semua guru minta hasil yg terbaik, menuntut muridnya agar sudah mengerti lebih dulu dibanding murid lainnya, menuntut apppaaapun yang lebih dari kelas percepatan ini..... ya gak? Tapi cobalah untuk menerina itu semua sebagai hal POSITIF, asik kok,, pasti suatu saat masa" sibuk ini bakal dikangenin! Nah, itu sih gimana kitanya... pokoknya jangan pernah bosen! HARUS TETEP SEMANGAT NGAT NGAT!! sebenernya tipsnya sederhana...
1. Bagi waktu se-efektif mungkin. artinya gini, waktu belajar disekolah, usahakan lah langsung memahami "konsep" suatu bid.study bersangkutan, dan jangan berharap mentang-mentang gurunya baik, jadi bisa ngelanjutin semua tugas dirumah! JANGAN! waktu sekolah yaaa waktu sekolah, dan belajarlah yg sersan -serius santai.
2. Atur waktu istirahat yang cukup. artinya, jangan dibiasakan  memaksakan ngerjain tugas sampai larut malem. meskipun udah biasa, tapi tetep aja gak baik untuk kesehatan dan sangat mempengaruhi konsentrasi belajar di sekolah. buatlah batas maksimal paling malem... misal, jam 22.00.
3. Olahraga. artinya, SESIBUK apapun tetap HARUS luangkan hari sabtu atau minggu untuk olahraga! itu penting banget!! jangan beralasan, olahraga malah bikin capek, males, buang waktu... itu salah besar!! karena olahraga ini adalah berperan sebagai penyeimbang juga. kalo terlalu sibuk, otak udh ngebul, seluruh jiwa raga kayaknya lepek sama kesibukan.. olahraga ini di jamin menghilang penat! karena rani sendiri ikut pencak silat dan sudah merasakan dampak positifnya. dan sampai saat ini tdk ditemukan negatifnya!
4. Kualitas bukan Kuantitas. artinya, kenali diri... kapan saat yang pas untuk belajar, hanya kita yg bisa ngertiin keadaan kita sendiri. sejauh mana kualitas belajar anda. maksudnya kualitas adalah meskipun waktu yang digunakan hanya 5 menit namun sering disaat waktu yang tepat untuk belajar dijamin akan lebih masuk ke otak! (insyaallah) dibandingkan belajar berjam-jam (kuantitas) namun hasilnya tidak lebih maksimal dibanding yg 5 menit. 
Naaaah, kurang lebih itu tips-tips nya... ampun ya kalo bahasanya ribet atau muter-muter di komen aja silahkan di beri tambahan atau masukan juga boleh... bisa kontak rani lewat twitter atau komen di blog ini atau lewat ym atau sms rani atau apalah eheheh, fleksibel aja.. saling share :) + Tambahannya.... Semakin mendekatkan diri pada Allah SWT, banyak berdoa agar ilmu-ilmu yang telah dipelajari ini bermanfaat dan berkah, Tawakal, dan NIAT! sekolah itu dengan niat belajar, agar sukses, agar dapat meraih cita-cita dan berhasil, agar segala-galanya serta dapat ridho Allah :').... dan yang paling penting jangan banyak "mikirin orang yang belum tentu mikirin kita" ^.^v fokus belajar! yaaa kalo mau paling, jadiin orang itu motivasi belajar aja, anggep saingan lah biar sedikit ada kompetisi *eheheheh* sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.. *caaaw*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi di Thailand part 2 : Pembuatan SKCK

Mengapa stainless steel dan aluminium tidak mudah berkarat?

Studi di Thailand : Persiapan Keberangkatan Part 1