Seperti janji ku sebelumnya, tahap pembuatan SKCK untuk Visa studi akan dijelaskan dalam postingan ini. Pembuatan SKCK disini berdasarkan pengalaman per Oktober 2021 yaa, untuk lebih yakin tetap di cek lagi ke website resminya polri.go.id karena mungkin saja ada info atau regulasi terbaru. Mari kita mulai. Pembuatan policy record atau surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK ini dapat dilakukan di beberapa tempat tingkat kantor kepolisian. Bisa di Polsek, Polres, Polda, Mabes Polri. Apa yang membedakan? Itu tergantung tujuan pembuatannya. Aku ga akan bahas detail tentang itu karena sudah ada di website resmi polri, teman teman bisa langsung cek kesana aja. Kali ini tujuan pembuatan SKCK yang ku lakukan adalah sebagai syarat penerbitan VISA studi. SKCK untuk keperluan VISA hanya dapat dikeluarkan oleh POLDA provinsi setempat atau MABES POLRI. Karena domisili ku di Bogor, yg mana lebih dekat ke Jakarta dibanding ke Bandung, jadi aku memilih untuk membuat SKCK di Mabes Polri Jaka...
Di postingan kali ini, aku mau sedikit berbagi pengalaman tentang terapi untuk kasus gigitan tomcat. Korban gigitan adalah Ayahku sendiri. Waktu itu 15 November 2019, Ayah baru pulang dari Bandung. Pulang-pulang keluhannya gatel di daerah tengkuk. Awalnya emang kayak bentol gigitan nyamuk, tapi ayah bilang itu gatel dan perih. Kalau di garuk, reda sementara tapi sakit jadi sesekali di tepuk tepuk aja daerah sekitar, hanya sebagai counter irritant sementara. Tapi ga menyelesaikan masalah. Ayah bilang jamuran. Tapi begitu lihat lesionya, aku udah curiga ini bukan jamuran, bukan gigitan nyamuk, bukan juga ringworm, karena kalau ringworm khas melingkar dan ada penebalan di margin lingkaran. Berkaitan dengan kondisi saat itu lagi musim hujan, sempat terbesit untuk mencari tau serangga kecil hitam oren yang terkenal sering muncul di musim hujan yaitu Tomcat. Akhirnya mulai mini-riset lewat beberapa bacaan mulai dari berita lokal sampai artikel ilmiah tentang gigitan tomcat. Dan "eure...
Selamat untuk teman-teman yang lolos beasiswa Chulalongkorn Scholarship for ASEAN-non ASEAN country! Kali ini aku mau wrap up sedikit pengalaman mengurus dokumen yang semoga nantinya bisa berguna untuk persiapan keberangkatan teman-teman atau bahkan untuk suami dan keluargaku jika ada kesempatan nyusul ke Bangkok. Catatan ini ditujukan untuk teman-teman new-entry dan newbie sepertiku yaa, dan disclaimer dulu, informasi disini berdasarkan regulasi per November 2021. Kalau ada diantara readers sekalian yang sudah punya pengalaman serupa sebelumnya atau lebih update lagi, feel free to comment and share your thoughts ! :) Setelah mendapat pengumuman, apa yang harus dipikirkan selanjutnya? Berdasarkan pengalaman ku, ini adalah 6 hal yang dipertimbangkan dulu biar alur pengurusan dokumen selanjutnya lebih enak :) 1. Apartemen , nanti tinggal dimana selama di Bangkok? dan jika sudah ada, informasi ini akan terus ditanyakan mulai dari isi form aplikasi Visa sampai dokumen imigrasi ...
Komentar
Posting Komentar